Halaman

Jumat, 14 Maret 2014

Media Audio Visual

 









I. Pengertian Media, Audio dan Media Visual

1.      Pengertian Media
Media dapat diartikan dengan istilah penghubung / perantara dalam menyampaikan suatu materi yang diajukan untuk mencapai suatu tujuan, dan dalam proses penyampaian materi kepada orang lain menggunakan sarana / alat dalam berupa audio, viual, audia visual dan multimedia. Kata media berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti “tengah”, perantara atau gambar, atau dengan kata lain media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan.
Gearlach dan Ely (1971), mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun suatu kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.
Atwi Suparman (1997) mendeskripsikan media merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan / informasi dari pengirim kepada pnerima pesan.
Dalam aktifitas pembelajaran, media dapat disampaikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik

2.      Pengertian Media Audio

    Media Audio adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja seperti : Radio, Casset Recorder, Piringan Hitam.


3.      Pengertian Media Visual
Adalah media yang sangat mengandalkan indera penglihatan, media visual ini ada yang menampilkan gambar / simbol yang bergerak seperti : film strip (film rangkai), foto, gambar atau lukisan, cetakan. Ada pula media visual yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, film kartun. Sedangkan media audio visual merupakan media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis yang pertama dan yang kedua.

4.      Pengertian Media Audio Visual
Media audio visual adalah media yang mempunyai suara dan unsur gambar jenis ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar. Sedangkan menurut Supriyanto, media audio visual merupakan sebuah alat bantu, audio visual yang berarti bahan / alat yang diperaga dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap dan ide.
Media audio visual merupakan media yang digunakan utuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media audio visual terdapat dau unsur yang bersatu yaitu audio dan visual, adanya memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran sedangkan unsur visual memungkinkan menciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.


II. Karakteristik Media Audio Visual

a.       Jenis – Jenis Media Audio Visual
1.      Audio Visual Diam
Yaitu media yang menyampaikan suara dan gambar diam seperti bingkai suara (sound slides),film rangkai suara.
2.      Audio Visual Gerak
Yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti : Film suara dan vidio casset.
Ø  Dilihat dari segi keadaan media audio visual dibagi menjadi :
a.       Audio visual murni
Yaitu unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti film audio cassette.
b.      Audio visual tidak murni
Yaitu unsur suara dan gambarnya berasal dari sumber berbeda misal : Film bingkai, suara yang unsur gambarnya bersumber dari slide proyektor dan unsur suaranya bersumber dari tape recorder.

Ø  Dilihat dari daya liputnya media dibagi dua :
a.       Media dengan daya input luas dan serentak
Pengguna media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu sama.
b.      Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat media ini dalam penggunannnya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film, sound slide, film rangkai yang harus menggunakan temat tertutup dan gelap.

Ø  Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dua
a.       Media sederhana
Yaitu media yang bahan dasarnya mudah diperoleh dengan harga murah, cara pembuatannyamudah dan penggunaannya tidak sulit.
b.      Media komplek yakni media dengan bahan yang sulit didapat, alat tidak mudah dibuat dan harga relatif mahal.

b.      Ciri – Ciri Teknologi Media Audio Visual
1.      Mereka biasanya bersifat linier
2.      Mereka biasanya menyajikan visual dan dinamis
3.      Mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang – perancangnya.
4.      Mereka merupakan representasi fisik baik gagasan real / gagasan abstrak.
5.      Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kongrit.
6.      Umumnya mereka berorientasi kepada guru denganm tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.

c.       Manfaat Alat Bantu Audio Visual
1.      Membantu memberi konsep pertama dan kesan yang benar
2.      Mendorong minat
3.      Meningkatkan pengertian yang lebih baik
4.      Melengkapi sumber belajar yang lain
5.      Menambah variasi metode mengajar
6.      Menghemat waktu
7.      Meningkatkan keingintahuan intelektual
8.      Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu
9.      Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama
10.  Dapat memberikan konsepbaru dari sesuatu diluar pegalaman biasa


d.      Contoh Penempatan Media Audio Visual
Secara umum, semua mata pelajaran akan lebih aktif  jika diajarkan dengan media yang sesuai, oleh karena itu guru harus mengetahui terlebih dahulu materi dan tujuan pembelajaran, audio visualmerupakan salah satu cara untuk membuat pelajaran lebih dinamis dan menyenangkan.
Adapun bahan ajar cocok untuk dikembangkan dengan audio visual, khususnya mata pelajaran PAI, sebagai berikut :
1.      Ranah Kognitif
Materi Al-Qur’an Hadits, misalnya dalam menerangkan tajuid dulu sebelum teknologi berkembang tajuid diajarkan hanya secara verbalistis / menggunakan lingkaran tajuid, akan tetapi di zaman sekarang  bisa dikembangkan dengan menggunakan mesia interaktif dengan mikro media flas, window movie mahir dan sebagainya.
2.      Ranah Akfektif
-          Materi Aqidah untuk mengenal tentang Rukun Iman maupun Islam
-          Materi Akhlak untuk menjelaskan tentang keteladanan bisa dikembangkan dengan memutar film/ vidio
-          Materi Sejarah Kebudayaan Islam yang bersifat pengetahuan akan lebih menarik jika dikembangkan dengan menggunakan media seperti sound slide sehingga memungkinkan siswa yang kurang dapat menerima pelajaran dengan hanya menggunakan indera pendengar, mampu lebih memahami dengan adanya kombinasi gambar dan suara.
3.      Ranah Psykomotor
Materi fiqih, dimana materi ini berbentuk prosedur yang dirasa cocok untuk di kembangkan dengan media audio visual misalnya :
a.       Ketika menjelaskan tentang cara sholat
b.      Ketika menjelaskan tentang cara haji
c.       Ketika menjelaskan tentang cara berkurban
Ketiganya akan lebih menarik ketika dikembangkan dengan media audio visial misalnya dengan menggunakan film, vidio, mikro media flas/window movie maker.

e.       Kelebihan dan kekurangan media audio visual
Beberapa kelebihan/kegunaan media audio visual pembelajaran antara lain :
1.      Menjelaskan pengajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbilistis (dalam bentuk kata-kata, tertlis atau lisan belaka).
2.      Mengatasi pembatasan ruang, waktu, dan daya indera seperti :
-          Obyek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, film bigkai, film atau vidio.
-          Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai/gambar
-          Gerak yang terlalu lambat/terlalu cepat dapat dibantu dengan tame line atai high speed photografi
-          Kejadian/peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman file, vidio, film bingkai, foto maupun verbal
-          Konsep yang terlalu luas (gunung merapi, gempa bumi, iklim dan lain-lain)

f.       Kelemahan pengajaran audio visual, antara lain-lain
1.      Media audio visual tidak dapat digunakan dimana saja/kapan saja, karena media audio visual lebih cenderung tetap di tempat
2.      Biaya pengadaan relatif mahal
3.      Apabila guru tidak mampu berpatisipasi aktif maha siswa akan cenderung mengikuti visualisasi dan suara saja
Sedangkan menurut asnawir dan M. Basyirudin Usman mengatakan bahwa media audio visual mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, ada dua jenis media audio visual yaitu :
-          Audio visual gerak dan audio visual diam



A.    1.   Kelebihan Media Audio Visual Gerak
a.       Keuntungan/manfaat film sebagai media pengajaran antara lain :
-          Film dapat menggambarkan suatu proses misal proses pembuatan suatu keterampilan tangan dan sebagainya
-          Dapat menimbulkan kesan ruang dan waktu
-          Penggambaran bersifat 3 dimensional
-          Suara yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekpresi murni
-          Dapat menyampaika suara orang asli sekaligus penampilannya
b.      Kekurangan film
-          Film bersuara tidak dapat selingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan sewaktu diputar peghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi audien
-          Audien tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film diputar terlalu cepat
-          Apa yang telah lewat sulit untuk diulang kembali, memutar kembali secara keseluruhan
-          Biaya pembuatan dan peralatan cukup tinggi dan mahal

2.   Kelebihan dan Kekurangan Vidio sebagai Media Audio Visual Gerak

a.       Kelebihan vidio
-          Dengan alat perekam pita vidio sejumlah besar penonton dapat memperoleh informasi dariu ahli – ahli / spesialis.
-          Demontrasi yang sulit bisa dipersiapkan dan direkam sebelumnya sehingga dalam waktu mengajar guru dapat memusatkan perhatian dan penyajiannya .
-          Menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang – ulang.
-          Keras, lemah suara yang diatur disesuaikan bila akan disisipi komentar yang akan didengar.
-          Guru bisa mengatur dimana dia akan menghentikan gerakan gambar tersebut, artinya kontrol sepenuhnya ditangan guru.
-          Ruangan tidak perlu digelapkan waktu penyajiannya
b.      Kekurangan Vidio
1.      Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktikkan.
2.      Sifat komunikasinya bersifat satu arah dan diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik.
3.      Kurang mampu menampilkan setail dariobjek yang disajikan secara sempurna.
4.      Memerlukan peralatan yang mahal dan komplek.

      3.   Kelebihan dan Kekurangan Televisi sebagai Media Audio Visual

Kelebihan Televsi
-          Bersifat langsung, menyatu dan dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya.
-          Memperluas tinjauan kelas melintasi berbagai daerah / negara.
-          Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau.
-          Dapat menunjukkan banyak hal dan dapat banyak segi yang beraneka ragam.
-          Banyak mempergunakan sumber – sumber masyarakat.
-          Menarik minat anak.
-          Dapat melatih guru baik dalam presevise maupun dalam intervice training.
-          Masyarakat diajak partisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap sekolah.

Kekurangan Televisi
-          Televisi hanya menyampaikan komunikasi satu arah.
-          Televisi saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak memahami pesan – pesannya dengan kemampuan individu siswa.
-          Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi tayangan televisi sebelum disiarkan.
-          Layar pesawat televisi tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
-          Kekhawatiran muncul bahwa tidak memiliki hubugan pribadi dengan guru dan siswa bisa jadi bersifat pasif selama tanyangan.

B.     Kelebihan dan Kekurangan Media Audio Visual Diam

a.      Kelemahan Film Bingkai.
1.      Mata pelajaran yang sama dapat disebarkan keseluruh siswa secara serentak
2.      Perhatian anak – anak dapat dipusatkan pada satu butir tertentu.
3.      Fungsi berfikir penonton diragsang dan dikembangkan secara bebas.
4.      Film bingkai berada dibawah kontrol guru.
5.      Dapat dilakukan secara klasikal / individual.
6.      Penyimpanan mudah (paktis).
7.      Dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan indera.
8.      Mudah direvisi / diperbaiki baik visual maupun audionya.
9.      Relatif sederhana dan murah dibanding media TV / Film.
10.  Program dibuat dalam waktu yang singkat.

b.     Kekurangan Film Bigkai Suara
1.      Program fiolm bingkai yang terdiri dari gambar – gambar lepas / mudah hilang / tertukar apabila penyimpanan tidak baik.
2.      Hanya mampu menyajikan objek diam (Still).
3.      Penggunaan program slide suara memrlukan ruangan yang gelap, apabila tidak gelap maka  gambar yang diproyeksikan kurang jelas.
4.      Dibandingkan dengan gambar, foto / bagan / papan panel pembuatan film film bingkai jauh lebih mahal biayanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar